Wakil Rektor Administrasi Umum Tinjau Langsung Kondisi Fasilitas di Berbagai Fakultas dan Unit
Gedung Rektorat, Berita UIN Online— UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkomitmen terus meningkatkan sarana prasarana kegiatan akademik dan penunjangnya sehingga tercipta lingkungan perkuliahan yang nyaman. Ini ditandai dengan roadshow Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Prof. Dr. Imam Subchi M.A., ke berbagai fakultas dan unit di lingkungan universitas.
Roadshow dilakukan Warek Imam dengan didampingi sejumlah pejabat terkait seperti Kepala Bagian Umum, Katim Perencanaan, Pejabat Pengadaan, Kasub Rumah Tangga dan Tata Usaha, Kasub Pengadaan Barang dan Jasa, dan lainnya. Roadshow pertama dimulai hari ini, Senin (28/10/2024), dengan meninjau kondisi fasilitas di tujuh fakultas dan unit.
Diantaranya, di Gedung Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Syahida Inn, Sekolah Pasca Sarjana, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Peninjauan dilakukan dengan melihat langsung kondisi berbagai fasilitas seperti ruang kelas, toilet, ruang perpustakaan, serta dialog dengan pimpinan masing-masing unit.
Dalam paparannya, Warek Imam mengungkapkan, peninjauan fasilitas di berbagai fakultas dan unit dilakukan untuk mengecek kelayakan setiap fasilitas sekaligus dasar untuk perencanaan revitalisasi berbagai sarana. “Peninjauan fasilitas dengan berkeliling (ke berbagai unit, red.) supaya kita tahu apa kebutuhan dalam dua tiga tahun ke depan sehingga bisa dilakukan revitalisasi fasilitas guna menciptakan kenyamanan sivitas akademik, seperti toilet, gazebo, smart classs, dan lainnya,” paparnya.
Revitalisasi fasilitas, sambungnya, menjadi hal yang sangat urgen mengingat kebutuhan para sivitas akademika terutama mahasiswa terhadap fasilitas utama beserta pendukungnya. Terlebih usia bangunan juga terus bertambah sehingga diperlukan revitalisasi secara terencana dengan baik.
Selain itu, Warek Imam menambahkan, peninjauan fasilitas juga dilakukan untuk mengecek asset BMN yang perlu segera dimusnahkan sehingga bisa mengefisienkan ruang tersedia. “Ada asset BMN yang perlu dimusnahkan. Karena banyak yang dilupakan dan ditumpuk,” katanya.
Peninjauan fasilitas sendiri direncanakan berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (28-30/10/2024). Di hari kedua, Selasa (29/10/2024), peninjauan fasilitas akan dilakukan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.
Di hari ketiga, pengecekan fasilitas akan dilaksanakan di tiga Gedung. Ketiganya, Gedung fakultas Sains dan Teknologi, Gedung Pusat Laboratorium Terpadu, dan Gedung Pusat Perpustakaan. (Lisnawati/Hermanuddin/Ali NM).