Press Release: UIN Jakarta Siap Tingkatkan Akses dan Kualitas Layanan Kesehatan Mahasiswa
Jakarta–UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berkomitmen terus meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi para mahasiswanya. Untuk itu, universitas mendorong para mahasiswa terlebih dahulu melakukan pemindahan kapitasi layanan BPJS Kesehatan bagi mahasiswa ke RS Syarif Hidayatullah.
Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Prof. Dr. Imam Subchi, M.A., menyampaikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan terus memberikan perlindungan kesehatan bagi para mahasiswa. Menurutnya hal ini menjadi komitmen universitas dalam memberikan fasilitas terbaik bagi para mahasiswa, terutama di sisi layanan kesehatan.
Untuk itu, jelasnya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerapkan kebijakan pemindahan kapitasi BPJS mahasiswa ke RS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta agar para mahasiswa bisa mendapatkan layanan kesehatan dimaksud. “Dengan adanya pemindahan kapitasi ini, mahasiswa dapat memperoleh layanan kesehatan yang lebih cepat, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan mereka di lingkungan kampus,” ujarnya.
Dalam Surat Pengumuman Nomor: B-1136/R/HM.01.1/02/2025 tentang Jaminan dan Peningkatan Fasilitas Layanan Kesehatan Selama Masa Studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta disebutkan jika selama masa studi para mahasiswa UIN Jakarta akan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan pada Klinik dan Rumah Sakit Syarif Hidayatullah. Diantara fasilitas kesehatan yang didapat adalah sebagai berikut:
- Skrining kesehatan gratis;
- Penyuluhan kesehatan gratis;
- Pemeriksaan kesehatan umum dan gigi gratis;
- Pemeriksaan laboratorium kesehatan gratis;
- Mendapatkan rujukan ke RS Syarif Hidayatullah apabila terdapat kondisi tertentu yang membutuhkan penanganan dokter spesialis secara gratis sesuai dengan ketentuan alur rujukan BPJS Kesehatan;
- Mendapatkan layanan gawat darurat gratis sesuai dengan standar BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan;
- Mendapatkan layanan dokter umum di RS Syarif Hidayatullah 24 jam;
- Mendapatkan layanan rawat jalan, rawat inap dan rawat kritis;
- Layanan poli spesialis sebagai berikut:
- Spesialis Penyakit Dalam;
- Spesialis Mata;
- Spesialis Paru;
- Spesialis Bedah Umum;
- Spesialis Obstetri dan Ginekologi;
- Spesialis Gigi (Ortodontsi, Bedah Mulut, Periodonsi, Prostodontsi, Konservasi Gigi);
- Spesialis Kulit dan Kelamin;
- Spesialis Rehabilitasi Medis;
- Spesialis THT;
- Spesialis Anak;
- Spesialis Jantung;
- Spesialis Saraf;
- Spesialis Bedah Urologi;
- Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi;
- Psikologi Klinis.
- Tersedia layanan laboratorium klinis 24 jam;
- Tersedia layanan CT scan dan radiologi 24 jam;
- Tersedia layanan vaksinasi internasional.
Untuk mendapatkan fasilitas dan layanan tersebut, maka mahasiswa/i terlebih dahulu wajib untuk:
- Melakukan pemindahan fasilitas pelayanan kesehatan melalui AIS/Semesta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta;
- Melakukan tangkapan layar bukti pemindahan fasilitas pelayanan kesehatan yang diunggah ke AIS/Semesta UIN.
Untuk melakuan pemindahan fasilitas fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), para mahasiswa bisa melakukan Langkah-langkah berikut:
- Mengunduh aplikasi Mobile JKN;
- Memasukkan nomor kartu JKN KIS dan melakukan pengisian data NIK, KTP serta alamat e-mail;
- Memasukkan nomor aktivasi (yang dikirimkan melalui e-mail);
- Klik “menu” dan pilih “ubah data peserta”;
- Pilih nama peserta yang akan pindah Fasyankes BPJS;
- Setelah muncul jendela *pop-up* bertuliskan “Perubahan Faskes I”, maka isi provinsi dengan “Banten” dan kota/kabupaten dengan “Kota Tangerang Selatan”;
- Pilih “Fasilitas Kesehatan” dan ketik “UIN” pada kolom pencarian;
- Pilih “Klinik UIN Syarif Hidayatullah” pada kolom pencarian dan klik “Simpan”;
- Notifikasi akan muncul beberapa saat apabila data sudah berhasil diubah;
- Melakukan tangkapan layar dan mengunggah hasil tangkapan layar ke AIS/Semesta UIN;
- Apabila mengalami kendala, silakan kunjungi tautan berikut: https://youtu.be/b5kk8me406Y
Sementara itu, Direktur Utama RS Syarif Hidayatullah, drg. Marisa Julinda Marzuki, mengungkapkan jika RS Syarif Hidayatullah sebagai fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan telah menyiapkan berbagai peningkatan layanan, termasuk penambahan tenaga medis dan optimalisasi sistem layanan kesehatan berbasis digital. Ia menegaskan bahwa rumah sakit akan terus meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa.
“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik, dengan fasilitas yang memadai dan kemudahan akses bagi seluruh mahasiswa UIN Jakarta,” katanya.
Lebih lanjut, Warek Imam berharap para mahasiswa UIN Jakarta dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik dan mendapatkan layanan yang maksimal sesuai dengan standar BPJS Kesehatan seiring kebijakan ini. Untuk itu, ia mengimbau mahasiswa untuk segera melakukan pemindahan kapitasi agar dapat mengakses layanan kesehatan di RS Syarif Hidayatullah tanpa kendala. (PIH)