Perkuat Pemahaman Kehumasan, Pusat Informasi dan Humas UIN Jakarta Gelar  Workshop Penulisan Berita dan Media Sosial

Perkuat Pemahaman Kehumasan, Pusat Informasi dan Humas UIN Jakarta Gelar Workshop Penulisan Berita dan Media Sosial

Ruang Diorama, Berita UIN Online — Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melalui Pusat Informasi dan Humas (PIH) dalam memperkuat pemahaman kehumasan menggelar dua workshop yang membahas penguatan penulisan website dan social media, di Ruang Diorama, lantai dasar Auditorium Harun Nasution, selama dua hari, Senin-Selasa (23-24/12/2024).

Kepala PIH UIN Jakarta, Zaenal Muttaqin, M.A., dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas konten kehumasan yang informatif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan publik. 

“Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana pembelajaran sekaligus penguatan keterampilan menulis bagi peserta, terutama dalam mengelola website dan media sosial sebagai media komunikasi utama kampus,” ungkapnya.

Acara workshop pertama menghadirkan Asesor Uji Kompetensi Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Dewan Pers Aat Surya Safaat. Dalam paparannya, Aat memberikan berbagai kiat menulis cepat, menarik, dan bermanfaat. Ia juga menjelaskan tentang produk utama jurnalistik seperti berita, nilai berita, serta membagikan pengalaman-pengalamannya sebagai seorang penulis berita dan artikel.

Selain teori, peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan teknik menulis berita yang efektif. Peserta terlihat antusias mengikuti sesi demi sesi yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan menulisnya. 

Salah satu peserta, PIC Humas PPIM, Zhella, mengaku mendapatkan banyak wawasan baru. “Pelatihan ini sangat membantu kami dalam menyusun berita yang lebih berkualitas dan informatif," ujarnya.

Tak hanya berfokus pada pelatihan penulisan, workshop ini juga menghadirkan Founder of Youtz Media dan Influencer, Rinaldi Nur Ibrahim, yang merupakan alumnus UIN Jakarta Fakultas Ilmu Kesehatan. Dalam sesi di hari kedua, Rinaldi menjelaskan bagaimana mengembangkan media sosial secara aktif untuk mencapai hasil yang optimal dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

“Dalam membangun personal branding di media sosial, kita harus kolaborasi dan aktif membuka diri untuk membangun jaringan pertemanan dan kolega. Aku memulai ini semua dari nol, sebagai mahasiswa UIN saat itu. Tapi sekarang, aku bisa punya bisnis dan program beasiswa yang semuanya berawal dari media sosial. Jadi, aku percaya kalau kita mengusahakan hal baik, maka hal baik juga yang akan kita dapat ke depan,” kata influencer dengan 768.000 followers ini.

Workshop ini menghadirkan narasumber profesional lainnya yang berbagi strategi dan teknik untuk menjangkau audiens dengan cara yang efektif. Peserta yang hadir adalah PIC Humas se-UIN Jakarta, mahasiswa, serta tenaga pengajar yang tertarik memperdalam kemampuan di bidang ini.

Melalui kegiatan ini, UIN Jakarta berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital demi mendukung transparansi dan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat luas.


(Aida Adha Siregar/Fauziah Muslimah/Zaenal M./Widhi Damar A./Foto: Yuda Afif Al Manshur & Muhammad Yahya)