Perilaku Mahasiswa Iklan yang Paling Ampuh
Reporter: Elly Afriani
RSU, UIN Online — Mempromosikan UIN Jakarta kepada masyarakat sebenarnya tidak harus dengan membuat spanduk, baliho, atau mengiklankannya di media massa, cukup dengan menerjunkan mahasiswa ke masyarakat sudah bisa menjadi iklan yang paling ampuh.
Hal itu disampaikan Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Amsal Bakhtiar dalam pelepasan dan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sela yang diikuti kurang lebih 40 orang peserta, di Ruang Sidang Utama (RSU), Senin (1/2).
“UIN Jakarta ini tergantung Anda, kalau perilaku Anda baik di masyarakat, itu sudah menjadi iklan yang paling ampuh untuk UIN. Orangtua akan mempercayakan anak-anaknya untuk menuntut ilmu di UIN,†jelas Amsal kepada para peserta KKN Sela.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Dr Daud Effendy menyampaikan pesan kepada peserta KKN untuk bisa beradaptasi dengan masyarakat setempat. Karena itu, mahasiswa peserta KKN harus bisa membaca situasi dan kondisi masyarakat yang didatangi.
“KKN ini suatu proses pembelajaran, sekaligus komitmen Perguruan Tinggi kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat dikecewakan dengan kehadiran adik-adik mahasiswa. Untuk itu harus ada sinergi antara mahasiswa dan masyarakat,†tuturnya.
KKN sela merupakan KKN susulan yang dilaksanakan Februari sampai Maret. Peserta KKN Sela adalah mahasiswa yang tidak bisa mengikuti KKN akbar yang biasanya diadakan pada liburan semester genap bulan Juli sampai Agustus.
Kali ini KKN sela yang diikuti kurang lebih 40 peserta yang terbagi dalam tiga kelompok. Mereka berasal dari enam fakultas, FAH, FSH, FU, FIDKOM, FST dan FEB. Ketiga kelompok tersebut akan bertugas selama satu bulan di tiga daerah berbeda, yaitu Purbalingga (Jawa Tengah), Pondok Ranji (Ciputat Timur), dan Cempaka Putih (Ciputat Timur). []