PBAK UIN Jakarta 2025: PIH UIN Jakarta Kenalkan Layanan dan Pengaduan untuk Mahasiswa
Auditorium Harun Nasution, Berita UIN Online - Kepala Pusat Informasi Humas UIN Jakarta, Zaenal Muttaqin S.Th.I., M.Ag., mengenalkan kepada mahasiswa baru bahwa UIN Jakarta adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pertama di Indonesia dan menjadi role model sebagai PTKIN yang paling pertama dan paling lengkap dengan motto, innovation, green dan humanity dalam rangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, Rabu (27/8/2025).
Zaenal Muttaqin S.Th.I., M.Ag., menjelaskan layanan dan prestasi yang ada di UIN Jakarta, salah satunya Universitas yang terakreditasi secara nasional dan internasional, infrastruktur modern yang mendukung program green campus, seperti water drinking fountain, Panel Surya, dan Bis Listrik (Bilis). Selain itu, UIN Jakarta memiliki layanan Pusat Informasi dan Humas (PIH) yang menaungi berbagai sistem informasi.
“Kami Pusat Informasi dan Humas kami mengawal beberapa WA Channel, mengawal beberapa kanal informasi, gunakan sebaik mungkin, dan gunakan seluruh rujukan informasi ini,” jelasnya.
Merujuk kepada Layanan Sistem Manajemen Aduan Sarana dan Prasarana Terpadu (SIMANTRA), Zaenal Muttaqin mengimbau seluruh mahasiswa baru untuk melapor ke SIMANTRA dari segala keluhan fasilitas yang ada di UIN Jakarta. Selain itu, UIN Jakarta juga memiliki Sistem Informasi Whatsapp Layanan Informasi (SIWALI), Mahasiswa Baru dapat melaporkan segala permasalahan terkait pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru, Perkuliahan, dan Layanan Akademik.
Zaenal Muttaqin menekankan kepada mahasiswa baru ketika menemukan segala bentuk kekerasan, terkhusus dengan tindakan kekerasan seksual maka, UIN Jakarta memiliki Layanan Pengaduan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) untuk pusat pengaduan mahasiswa, karena UIN Jakarta tidak mentoleransi adanya tindakan kekerasan seksual
“UIN Jakarta zero toleran terhadap tindak kejahatan seperti itu,” jelas Zaenal Muttaqin.
Turut memfasilitasi, Layanan ASPIRASI juga terbuka atas harapan, saran, kritik, dan pandangan sivitas akademika terhadap UIN Jakarta. Tidak menutup mata dengan perkembangan teknologi, UIN Jakarta juga memiliki Sosial Media Kanal YouTube, Instagram, Tiktok, Whatsapp Channel dan Website sebagai wadah informasi untuk masyarakat.
Adanya fasilitas layanan program terdepan ini, diharapkan dapat membantu dan mendukung secara maksimal untuk mengatasi segala tantangan perkuliahan mahasiswa UIN Jakarta, berikut akses layanan UIN Jakarta:
Layanan Sistem Informasi Whatsapp Layanan Informasi (SIWALI), +6285136908556
Layanan Sistem Manajemen Aduan Sarana dan Prasarana Terpadu (SIMANTRA), https://tinyurl.com/mr3hsthd
Layanan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA), https://bit.ly/LaporanPengaduanKekerasanPSGA
Layanan ASPIRASI, Harapan, Saran, Kritik, dan Pandangan Sivitas Akademika, https://bit.ly/4m8Cr5J
Sosial Media UIN Jakarta dapat diakses link berikut:
YouTube: s.id/YOUTUBEUINJKT
Instagram: https://s.id/IGUINJKT
TikTok: https://s.id/TIKTOKUINJKT
Whatsapp Channel: s.id/uinjktofficial
(Meisa Aqilah N.H./Fauziah M./Zaenal M./Nazwa Adawiyah S.)