Pakar Komunikasi UIN Jakarta: Ini Hal Penting dalam Penguatan Peran Public Relations Universitas
Syahida Inn, Berita UIN Online — Pakar Komunikasi UIN Jakarta, Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si., menjadi narasumber dalam kegiatan Konsinyering Penguatan Media. Dalam paparan tersebut, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) tersebut menjelaskan tentang Peran dan Kerja Public Relations Universitas: Apa dan Bagaimana, pada Rabu (21/08/2024), di Syahida Inn, UIN Jakarta.
Dr. Gun Gun mengawali pembahasannya mengenai penguatan media ini dengan memberikan analogi bahwa seorang pemimpin atau bisa disebut rektor, tidak bisa membangun citra atau branding suatu instansi sendirian, melainkan harus memiliki tim.
Dr. Gun Gun mengawali pemaparan materinya dengan Komunikasi Publik: Humas sebagai tim yang mengeksekusi hubungan komunikasi publik bertujuan untuk mengembangkan citra suatu instansi juga sebagai sarana persuasi suatu instansi untuk memengaruhi perilaku khalayak, dengan mitigasi dengan cara persuasi.
Ia memulai pembahasan ini karena baginya suatu respon yang diberikan pengunjung atau khalayak akan terbentuk oleh kesan pertama yang diberikan oleh para petugas (humas) dalam suatu instansi, oleh karenanya komunikasi performa diperlukan.
“Kan tidak mungkin pengunjung mengunjungi suatu lembaga atau instansi, lalu petugas yang melayani menampilkan dengan wajah yang tidak menyenangkan dilihat,” jelas Dr. Gun Gun.
Kemudian Dr. Gun Gun juga memaparkan tujuan komunikasi kehumasan, yakni membangun pemahaman bersama (mutual understanding), mengembangkan penghargaan (respect), menumbuhkan niat baik bekerjasama (good will), dan mengontrol potensi dan resiko kerusakan (damage control).
Paparan Dr. Gun Gun ini merangkum tugas kehumasan secara keseluruhan, yakni membangun citra suatu instansi serta memberikan kesan kepada khalayak untuk memperkenalkan suatu instansi.
Selaras dengan tema kegiatan ini yakni, “Pengelolaan Konten Website dan Media Sosial Perguruan Tinggi” untuk kehumasan, Dr. Gun Gun memaparkan pula secara khusus bagaimana khalayak dapat tertarik terhadap suatu instansi, dan memengaruhi keberlanjutan penilaian instansi tersebut.
Dr. Gun Gun juga menjelaskan bahwa pentingnya mengelola narasi, bagaimana dapat disampaikan kepada khalayak dengan benar, sesuai, juga bersifat mengajak.
Setelah mengelola narasi, Dr. Gun Gun menjelaskan, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan Humas sebagai pilar komunikasi publik dalam instansi adalah dengan melakukan konvergensi simbolik dan Communication Privacy Management (CPM).
Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia, Dra. Amelita Lusia, M.Si., selaku Tim Pengelola Website Universitas Indonesia, turut memaparkan materi senada dengan Dr. Gun Gun Heryanto. Ia memaparkan strategi upaya peningkatan media sosial yang dikelola oleh humas.
Ia menjelaskan, bahwa memiliki strategi atau perencanaan sebelum memulai mengekspos citra instansi diperlukan agar tetap sasaran.
(Aida Adha S./Fauziah M./Syarifah Nur K./Foto: Aryo Dwi Penangsang, Hermanudin)