Inilah Proses UKT Mahasiswa Lolos SPMB Mandiri 2023

Inilah Proses UKT Mahasiswa Lolos SPMB Mandiri 2023

Gd. AkademikBERITA UIN Online— UIN Jakarta telah mengumumkan kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri program Sarjana TA. 2023/2024, pada Senin (07/08/2023) pukul 16.00 di laman https://penerimaan.uinjkt.ac.id/. Berdasarkan SK no 33 Tahun 2023 tentang Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024, kuota jalur SPMB Mandiri adalah sebanyak 1.810 penerima.

“Bagi peserta lulus SPMB Mandiri-Reguler Program  Sarjana (S1) agar melakukan Proses Uang Kuliah Tunggal (UKT)  melalui laman https://s.id/login-ukt” demikian data yang dikutip Berita UIN Online, Selasa (08/08/2023). Adapun data pengisian UKT dapat dilakukan mulai tanggal 7 Agustus-24 Agustus 2023.

Data yang dikutip Berita UIN Online, bagi mahasiswa baru yang lolos pada jalur seleksi SPMB Mandiri 2023, dapat mengakses laman https://spmb.uinjkt.ac.id/spmbv2/public/login_ukt.zul untuk proses UKT. Camaba dapat login dengan nomer peserta ujian dan tanggal lahir pada form login proses UKT sesuai dengan jadwal yang berlaku. Lalu, lengkapi form biodata  dan pilih proses pilihan UKT.

Pada laman tersebut terdapat tiga pilihan UKT, yaitu pilihan A, B dan C, bagi yang memilih pilihan A (penentuan  UKT kelompok 7), harus mendownload surat pernyataan kesediaan membayar UKT kelompok 7, upload surat pernyataan bermatrei Rp. 10.000 dan ditandatangani orang tua/wali lalu bayar UKT ke Bank  dengan menggunakan  nomer peserta ujian dan proses UKT selesai.  

Bagi yang memilih pilihan  B, harus mengikuti proses penentuan kelompok UKT dengan  mengisi form  UKT online dan upload  data pendukung  UKT. Setelah itu download formulir UKT  yang telah diisi, lalu upload kembali  formulir UKT  yang telah diisi bermatrei Rp. 10.000 yang sudah ditandatangani orang tua/wali, lalu menunggu pengumuman hasil kelompok UKT. Sedangkan pilihan C khusus untuk calon mahasiswa program profesi dengan membayar UKT ke Bank dengan menggunakan nomer peserta ujian. 

Sebagai catatan, terdapat beberapa data dukung yang harus di upload, yaitu slip gaji orang tua atau surat keterangan penghasilan RT/RW yang diketahui lurah/kepala desa setempat, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu/Kartu  Menuju Sejahtera/Kartu Program Keluarga Harapan (jika ada), foto rumah tempat tinggal calon mahasiswa tampak luar dan dalam, bukti Pajak Bumi dan Bangunan,  bukti pembayaran rekening listrik dan STNK kendaraan (jika ada). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pusat Informasi UKT di (021) 7401925 ext (1838) dan email ke ukt@uinjkt.ac.id dengan format judul email (jalur)_(nomer ujian)_(tgl lahir) (FNH)