UIN Jakarta x detikcom Goes to Campus Gelar Workshop Media dan Branding Sosial Media

UIN Jakarta x detikcom Goes to Campus Gelar Workshop Media dan Branding Sosial Media

Teater Prof. Aqib Suminto FDIKOM UIN Jakarta, Berita UIN Online - Detikcom menyelenggarakan program "Detikcom Goes to Campus" di Teater Prof. Aqib Suminto, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta, pada Rabu (20/11/24). Acara yang dipandu oleh Syifa dari HRD Detikcom ini bertujuan meningkatkan wawasan civitas akademika terkait branding, skill set, dan referensi kurikulum di bidang media dan sosial media.

Kepala PIH UIN Jakarta, Zaenal Muttaqin, S.Th.I., mengungkapkan bahwa acara ini merupakan kelanjutan kolaborasi yang telah terjalin antara UIN Jakarta dan Detikcom. "Berkat bantuan Detikcom dalam publikasi, UIN Jakarta berhasil meraih peringkat pertama kategori webometrics tingkat PTKIN," ujarnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik FDIKOM UIN Jakarta, Dr. Fita Faturokhmah, M.Si., menekankan pentingnya komunikasi dalam menciptakan kesepahaman dengan audiens. Menurutnya, media sosial memiliki tiga aspek utama: integrasi dengan internet, identitas, serta ruang dan waktu.

Dalam sesi workshop pertama, Wakil Pemimpin Redaksi Detikcom, Ardhi Suryadhi, memaparkan tantangan dunia media baru. Ia menekankan tiga kemampuan penting yang harus dimiliki selain menulis: Search Engine Optimization (SEO), pengelolaan media sosial, dan pemanfaatan AI.

Workshop kedua dibawakan oleh Karel Anderson, Head of Brand Communication Division Detikcom, yang memperkenalkan konsep "Jurus UIN" dalam branding media sosial. Konsep ini terdiri dari tiga tahap: Niat (tujuan dan target), Strategi (identitas dan karakteristik), dan Delivery (konten dan sasaran).

"Media sosial adalah aset, tetapi branding yang kita lakukan di media sosial adalah mindset," tegas Karel menutup sesinya.

Sebelum sesi penutup, Host juga membuka sesi tanya jawab antara audiens dan kedua pembicara, selama sesi tersebut para audiens terlihat sangat antusias dengan pembahasan pada kesempatan kali ini. Workshop ini diharapkan dapat membantu tim humas serta seluruh civitas akademika UIN Jakarta dalam menghadapi era digital dan meningkatkan citra institusi di mata masyarakat.

Dokumentasi Acara:

(Rizkiyah Gustiana/Fauziah M./Raihan Lail Ramadhan/Foto: Adib Taufiqur'Rachman, Hermanudin)



Tag :