Rektor UIN Jakarta Apresiasi Kemenag Jadi Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

Rektor UIN Jakarta Apresiasi Kemenag Jadi Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

Gedung Rektorat, Berita UIN Online— Rektor dan keluarga besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih Kementerian Agama RI sebagai salah satu badan publik Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2024. Penghargaan ini memotivasi UIN Jakarta sebagai badan publik di lingkungan Kemenag RI untuk terus berbenah meningkatkan inovasi pelayanan.

Demikian disampaikan Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar M.A. Ph.D., di Gedung Rektorat, Rabu (09/10/2024). “Pimpinan dan keluarga besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Agama RI atas pencapaian luar biasa sebagai Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2024,” apresiasinya.

Penghargaan ini mencerminkan komitmen kuat Kementerian Agama, khususnya di bawah kepemimpinan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas, dalam melakukan transformasi pelayanan publik berbasis inovasi. Menurutnya, berbagai terobosan seperti Pusaka SuperApp, Haji Ramah Lansia, dan sertifikasi halal gratis Sehati tidak hanya menunjukkan adaptasi terhadap perkembangan digital, tetapi juga memastikan pelayanan publik yang inklusif dan berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kelompok rentan.

Penghargaan yang didapat Kemenag RI, sambungnya, memotivasi UIN Jakarta sebagai badan publik di lingkungan Kemenag untuk juga terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan keagamaan di Indonesia. Ia juga berharap penghargaan yang sama turut memotivasi badan publik maupun insan Kemenag di berbagai daerah untuk juga terus berinovasi dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Kemenag Raih Inovasi Terbaik Layanan_Sertifikat

Diketahui, Kemenag berhasil meraih penghargaan sebagai Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Penghargaan disampaikan langsung Menteri PANRB Azwar Anas kepada Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam Gebyar Pelayanan Prima, di Jakarta, Selasa (08/10/2024).

Dalam forum yang dihadiri perwakilan seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) hingga pemerintah daerah ini, Menteri PANRB Azwar Anas mengapresiasi komitmen Menag Yaqut Cholil Qoumas untuk memperbaiki tata kelola Kementerian Agama. Pasalnya, menurut Azwar Anas, di era kepemimpinan Menag Yaqut, Kemenag berhasil melakukan terobosan untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan tata kelola birokrasi. Hal ini dikemukakan Menteri PANRB Azwar Anas saat memberikan sambutan dalam Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta.

"Pertama kali saya menjabat Menteri PANRB, saya tanya, misalnya siapa yang data kepegawaiannya paling berantakan. Di sana ada Kementerian Agama. Akhirnya, saya langsung mengundang Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Pak Menag," cerita Menteri Azwar Anas.

“Alhamdulillah setelah berkolaborasi dengan Bapak Menteri Agama, sekarang bias data kepegawaiannya sudah rapi. Sudah selesai 90 persen. Tepuk tangan untuk Menteri Agama,” kata Azwar Anas lagi.

Turut hadir mendampingi Menag dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenag M. Ali Ramdhani dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Komang Sri Marhaeni.

Setelah data kepegawaian, lanjut Menteri PANRB, ketersediaan formasi jabatan pun menjadi perhatiannya Menag Yaqut. "Dulu rata-rata per tahun hanya tersedia 5.000 formasi. Nah, sekarang kita sudah beri 110 ribu formasi di seluruh Indonesia kepada Kementerian Agama," papar Azwar Anas.

Formasi ini termasuk di dalamnya adalah penghulu, penyuluh, dan guru. Hal ini, ujar Azwar Anas, diberikan agar pelayanan keagamaan akan semakin baik.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Azwar Anas juga memberikan dua penghargaan lainnya bagi Kemenag. Pertama, kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali yang meraih penghargaan sebagai 10 Terbaik Kelompok Kementerian pada PEKPP Tahun 2024 dengan Predikat Pelayanan Prima. Kedua, penghargaan diberikan kepada Kantor Kemenag Kabupaten Bantul sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Terbaik tahun 2024

Dalam kesempatan yang sama, Menag Yaqut Cholil Qoumas bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian PANRB. Menurutnya, ini adalah wujud dari komitmen seluruh keluarga besar Kemenag yang terus menerus ingin memperbaiki dan mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat. “Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN Kemenag yang siap berlari melakukan berbagai inovasi berdampak guna meningkatkan kualitas pelayanan kita,” katanya.

Dalam era kepemimpinan Menag Yaqut, Kemenag berhasil mewujudkan transformasi digital dalam layanan keagamaan. Aplikasi yang diberi nama Pusaka SuperApp ini dihadirkan untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau berbagai layanan keagamaan di era digital.

Inovasi layanan publik lainnya juga dilakukan Kemenag di berbagai bidang, seperti penerapan program Haji Ramah Lansia, Sertifikasi Halal Gratis (Sehati), Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), Kemandirian Pesantren, hingga Cyber Islamic University (CIU).

Peningkatan layanan publik juga dilakukan Kemenag bagi semua agama. Sebut saja inovasi penyediaan Kitab Suci Upadesa Braille bagi umat Hindu, Dhammapada Braille bagi umat Buddha, hingga penyediaan injil bahasa isyarat bagi umat Kristen dan Katolik.

Selain dari Kementerian PANRB, komitmen Kemenag untuk melakukan peningkatan layanan dan inovasi berdampak juga mendapatkan apresiasi dari lembaga lainnya. Komisi Informasi Pusat (KIP) mengganjar Kemenag sebagai Lembaga Informatif dalam keterbukaan informasi publik. Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut Kemenag sebagai lembaga dengan kategori Baik dalam Evaluasi Penyelenggara. (Rilis PIH UIN Jakarta/Kementerian Agama RI)