#KabarFakultas: Bangun Citra Digital, FAH UIN Jakarta Perkuat Branding Melalui Kolaborasi Digital dan Informasi Dalam Diskusi Creatifah

#KabarFakultas: Bangun Citra Digital, FAH UIN Jakarta Perkuat Branding Melalui Kolaborasi Digital dan Informasi Dalam Diskusi Creatifah

Tangerang Selatan, Berita UIN Online - Fakultas Adab Dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terus berinovasi dalam memperkuat citra institusional di era transformasi digital melalui LO (Lembaga otonom) Creatifah. Salah satu langkah nyata tersebut diwujudkan dalam kegiatan bertajuk Diskusi Creatifah: Kolaborasi Digital dan Informasi untuk Penguatan Branding FAH yang digelar di Taman Kuliner Cirendeu, Tangerang Selatan (16/07/2025).

Acara ini merupakan salah satu agenda rutin yang mengangkat pentingnya sinergi antara pengelolaan informasi, kreativitas digital, dan peran aktif sivitas akademika dalam membangun citra positif lembaga secara kolektif. Diskusi Creatifah menjadi ruang temu bagi para staf, mahasiswa, dan pengelola media fakultas untuk berbagi ide dan strategi komunikasi digital yang relevan dan berdampak.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, di antaranya Dekan FAH, Dr. Ade Abdul Hak, S.Ag., S.S., M.Hum., CIQnR, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Prof. Usep Abdul Matin, S.Ag., M.A. (Leiden), M.A. (Duke), Ph.D., serta Kepala Bagian Tata Usaha FAH, Bapak Iwan Kurniawan, S.Pd., M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Ade Abdul Hak menegaskan pentingnya memperkuat identitas digital fakultas melalui media informasi yang terintegrasi dan representatif. “Kegiatan publikasi bukan sekadar upload konten, tapi upaya menyampaikan jati diri dan peran FAH kepada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional,”ujarnya 

Sementara itu, Prof. Usep Abdul Matin menekankan bahwa keterlibatan mahasiswa sebagai agen kreatif sangat krusial dalam membangun ekosistem digital kampus. Ia juga menyoroti pentingnya menampilkan kiprah alumni FAH yang telah berhasil menembus kementerian, dunia profesional, hingga lembaga internasional sebagai bagian dari narasi kekuatan institusi

“Kita mungkin tidak punya peralatan canggih, tapi dengan kreativitas dan ketekunan, kita bisa menang dalam medan dakwah informasi. Highlight juga peran para alumni yang sukses di kementerian, dunia profesional, maupun lembaga internasional,” tuturnya.

Diskusi berjalan dinamis dengan berbagai ide kreatif yang disampaikan peserta, mulai dari optimalisasi media sosial, pembuatan konten dokumentasi, hingga strategi kolaboratif lintas prodi dan lembaga mitra.

Melalui kegiatan ini, LO Creatifah menegaskan kembali perannya sebagai motor penggerak utama dalam strategi publikasi serta pembentukan citra digital FAH yang khas, visioner, dan berorientasi global.

Diketahui, LO (Lembaga otonom) Creatifah merupakan lembaga otonom baru, yang bergerak di bidang media kreatif dan jurnalistik. Gagasan pembentukan Creatifah bermula dari percakapan antara Sukasih dan Hilya Maylaffayza, yang sebelumnya berpartisipasi dalam pengelolaan media di Ma'had UIN Jakarta. Setelah Dekan FAH, Dr. Ade Abdul Hak, menyetujuinya, Creatifah resmi dibentuk dan mulai merekrut banyak anggota melalui media sosial. Sekarang, Creatifah memiliki beberapa departemen seperti: Desain Grafis, Public Relations, Copywriting, Website, dan Videografi.

(Rilis FAH UIN Jakarta)