10.181 Mahasiswa Baru Ikuti PBAK UIN Jakarta Tahun 2024 dengan Tema: Kampus Berkelanjutan, Prestasi Berkesinambungan

10.181 Mahasiswa Baru Ikuti PBAK UIN Jakarta Tahun 2024 dengan Tema: Kampus Berkelanjutan, Prestasi Berkesinambungan

Lapangan UIN Jakarta, Berita UIN Online - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2024 secara hybrid di Lapangan UIN Jakarta. Acara ini diikuti oleh sekitar 4.100 mahasiswa baru dari beberapa fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di antaranya yaitu Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), serta Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Sedangkan fakultas lainnya melaksanakan PBAK secara online melalui live streaming di akun YouTube UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pembukaan PBAK ditandai dengan upacara yang menampilkan formasi paskibra berbentuk angka 67, melambangkan usia UIN Jakarta saat ini. Ketua pelaksana, Salamah Agung, M.A., Ph.D., dan Muhammad Zaki Al Faraq, selaku perwakilan panitia, menyampaikan laporan kegiatan PBAK 2024.

Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, "Hari ini kalian resmi menjadi mahasiswa UIN Jakarta. Di sini, kalian akan mempelajari ilmu yang berintegrasi dengan keislaman, sesuatu yang unik dibandingkan universitas umum lainnya."

Acara dilanjutkan dengan simbolis pemasangan almamater kepada perwakilan mahasiswa baru dari setiap fakultas oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D., beserta para dekan dari setiap fakultas. 

Selanjutnya, pembacaan Panca Satya Mahasiswa yang dipimpin oleh salah satu mahasiswi baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berikutnya pembacaan doa dan menyanyikan lagu "Bagimu Negeri". Upacara ditutup dengan laporan komandan upacara.

Kegiatan PBAK 2024 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga dimeriahkan oleh inspiring speech dari Raditya Dika, yang membagikan pengalaman dan nasihat kepada mahasiswa baru. "Isi perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Cari apa yang kalian kuasai, karena dari sana bisa menjadi ladang pekerjaan," ujar Raditya.

Ia juga menekankan pentingnya membangun relasi dan menghadapi perbedaan persepsi. "Semua orang pasti memiliki permasalahan masing-masing. Yang penting adalah bagaimana kita menjadikan keterbatasan sebagai proses penumbuhan diri," tambahnya.

Selain itu, PBAK juga dimeriahkan dengan penampilan marching band dan ucapan selamat datang dari ketua Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA).

Dengan tema "Kampus Berkelanjutan, Prestasi Berkesinambungan", PBAK 2024 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa baru untuk menghadapi tantangan akademik dan kehidupan kampus yang dinamis.

Silahkan simak lebih lanjut pada live streaming YouTube berikut.

https://www.youtube.com/live/CEcyN043UJQ?si=VuaLri_zIEtffwG4

Foto Dokumentasi:

PBAKD1 2

PBAKD1 3

PBAKD1 1

(Rizkiyah Gustiana N./Fauziah M./Syarifah Nur K./Foto: M. Fahri Afrizal, Aryo D. Penangsang, Hermanudin)